Senin, 23 Februari 2015

Cara Merawat Velg Motor Matic Biar Gak "Penyok"



Merawat motor matic nggak cuma di bagian utama saja seperti mesin, v-belt, dan kelistrikan milik matic. Namun untuk hal-hal kecil seperti velg patut mendapatkan perhatian lebih matickers. Selain menjaga tampilan motor matictetap keren, ternyata velg punya peran yang sangat penting.
Nah, buat matickers yang doyan dengan tampilan velg chrome atau velg doff harus tetap rajin untuk merawatnya. Pasalnya penggunaan velg secara kasar dapat membuat umur velg tersebut lebih pendek, bisa velg berkarat atau penyok.
Terdapat dua jenis velg motor yang paling sering digunakan. Pertama jenis konvensional seperti velg jari-jari atau spoke wheel (SW), yaitu velg yang menggunakan kawat logam jari-jari yang membentuk pola tertentu. Kemudian ada velg palang atau biasa disebut velg logam atau velg racing atau cast wheel (CW) yaitu velg yang lapisan pendukungnya berpola jari-jari besar membentuk satu kesatuan unit.
Berikut ini cara merawat velg matickers.
1. Bersihkan velg secara rutin
Membersihkan velg itu sangat penting. Dikarenakan jika velg dalam kondisi basah dan dibiarkan kering dengan sendirinya dapat menimbulkan karat
2. Jaga tekanan udara ban
Tekanan udara ban mempengaruhi fungsi dan keawetan velg. Jika tekanan udara pada ban semakin kecil, maka semakin besar peluang kerusakan velg akibat seringnya terbentur di jalan berlobang.
3. Gunakan alat yang tepat saat merawat velg atau mengganti ban
Goresan atau lecet yang terjadi dapat menjadi penyebab kerusakan velg. Matickers dapat melapisi dengan alat pendongkel ban dengan kain supaya velg tidak tergores.
4. Gunakan velg sesuai ukuran ban
Penggunaan ukuran ban yang lebih besar dari velg karena dapat mengurangi keseimbangan putaran roda.
5. Gunakan velg standar
Velg yang tepat adalah yang asli keluaran pabrik atau yang bermerek. Biasanya velg standar atau yang bermerek telah diuji coba. Selain itu hindari velg berbahan magg allog veg, karena unsur magnesiumnya dapat menyebabkan kebakaran.
6. Hindari lubang dan kondisi jalan Off Road
Jika velg sering menghantam kondisi jalan dengan laju matic yang kencang  dipenuhi lubang yang rusak parah, dapat membuat velg bengkok atau ‘peyang’. Sebaiknya matickers mencari kondisi jalan lebih baik atau melajukan matic lebih pelan.
Semoga velg motor matickers tetap prima ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post